Melanjutkan kisah sebelumnya, mari kita kembali menapak tilas perjalanan kerjasama Solo Mengajar dan Taman Cerdas Gandekan.
Fun music education
Gandekan Squad Versi Jadul
VOLUNTEER 7

Kepala Sekolah: Ahmad Saifudin
Kegiatan Reguler:
            Kegiatan belajar mengajar pada periode ini kembali berjalan lancar. Volunteer 7 yang menjadi garda terdepan dalam pembelajaran sangat bisa diandalkan. Selain itu, hari pembelajaran antar Taman Cerdas maupun Rumah Mengajar tak lagi sama pada periode ini. Hal ini memungkinkan vols dari TC maupun RM lain untuk saling bahu membahu dalam proses pembelajaran. Di sisi lain, para vols juga mulai aktif mengajak teman-temannya untuk turut mengajar. Hasilnya? tak ada lagi yang namanya kekurangan tenaga pengajar seperti yang terjadi pada periode sebelumnya. Bahkan, pengajar TC Gandekan adalah yang paling banyak apabila dibandingkan dengan TC maupun RM lain.
            Kembalinya tenaga pengajar berdampak pada kembalinya adik-adik yang dulu sempat menghilang. Ada sedikit cerita pada waktu vols 7 ini mengajar pertama kali di TC Gandekan. Ada beberapa dari mereka yang mendapat penolakan dari adik-adik sebelum akhirnya kini mereka menjadi salah satu pengajar favorit di TC Gandekan. Contoh? lihat foto di bawah ini.
fun music education solo mengajar
Puput Saputro in Action
Kegiatan Non Reguler:
            Pada periode ini di Solo Mengajar telah diberlakukan sistem pembelajaran tematik berdasarkan bulan. Misalnya saja bulan musik, maka pada bulan itu kegiatan non reguler yang dilaksanakan tak jauh-jauh dari yang namanya musik. Kegiatan non reguler yang paling menonjol pada periode ini adalah peringatan Hari Kartini di Car Free Day. Di sana kami membuat stand pameran karya-karya mereka, baik itu berupa gambar maupun puisi. Selain itu, adik-adik juga diminta untuk menampilkan talent mereka, yaitu berupa pembacaan puisi dan bermain musik.
taman cerdas gandekan solo mengajar
Kartini's Day di Car Free Day
            Tak hanya peringatan Hari Kartini, pada periode ini kami pun turut berpartisipasi dalam acara Kirab Bhinneka yang diadakan oleh Kelurahan Gandekan. Dalam acara ini sendiri hadir langsung Walikota Solo, Bapak Rudy.
taman cerdas gandekan solo mengajar
Kirab Bhinneka Kelurahan Gandekan
            Ah iya, satu lagi. Kami juga ada buka bersama juga dengan kawan-kawan Kimia 2010 MIPA UNS. Terima kasih kakak-kakak. Nih, tak kasih senyum termasnisku :)
taman cerdas gandekan solo mengajar
Buka Bersama Kimia MIPA UNS '10 - TC Gandekan
Catatan Kecil:
            Selain sebagai kepala sekolah yang bertugas untuk memastikan kegiatan belajar mengajar di TC Gandekan berjalandengan lancar, aku turut mewajibkan vols di TC Gandekan untuk menuliskan ceritanya tentang Solo Mengajar. Meski hingga saat ini masih ada aja yang belum juga ngirim. Semoga setelah baca tulisan ini mereka sadar bahwa aku masih menantikan tulisan dari mereka. Hihi *ketawa jahat
            O iya, pada periode ini juga mulai diadakan Gandekan on Vacation (GOV). Sebuah acara yang bertujuan untuk mengakrabkan vols Gandekan. Acara GOV pertama ini dilaksanakan di Pantai Pok Tunggal. GOV akhirnya menjadi agenda wajib di tiap angkatan vols TC Gandekan. Simpelnya GOV ini dilaksanakan setahun 2 kali.
taman cerdas gandekan solo mengajar
Gandekan on Vacation at Pok Tunggal

VOLUNTEER 8

Kegiatan Reguler:
            Secara umum kegiatan reguler pada periode ini berjalan lancar meski Volunteer 8 cukup sering absen. Hal ini dapat tercover karena vols 7 masih banyak yang bertahan. Vols 7 yang tidak lagi mengajar hanyalah mereka yang sudah di luar kota, selebihnya masih berpartisipasi aktif di tiap kegiatan belajar mengajar. Aku kira tak banyak hal yang menjadi catatan karena tak berbeda dari periode sebelumnya selain tambahan vols 8.

Kegiatan Non Reguler:
            Masih menggunakan bulan tematik, kegiatan non reguler pada periode ini pun disesuaikan dengan tema per bulannya. Kegiatan non reguler yang paling menonjol pada periode ini adalah adanya pentas akhir tahun. Pentas akhir tahun yang bertajuk “Fun Music Education” ini berlangsung cukup meriah. Pada acara ini kami mencoba menampilkan bakat-bakat dari adik-adik yang kami ajar. Ada yang menampilkan teater, berbagai jenis seni tari, dan gerak lagu. Tak mau ketinggalan dengan adik-adik, kami para vols, pengurus TC, dan karang taruna pun turut menyumbangkan penampilan. Acara ini sendiri dihadiri oleh warga sekitar, orang tua murid, perangkat desa, bahkan Pak Camat dan Kapolres Jebres pun turut hadir. Ah, terharu rasanya jika mengingat bagaimana kami mempersiapkan acara ini dengan segala keterbatasan.
taman cerdas gandekan solo mengajar
Teater Bocah ft Volunteer at Gandekan Fun Music Education
taman cerdas gandekan solo mengajar
Tari Bali, perform by Putri, Lita, dkk
taman cerdas gandekan solo mengajar
Musikalisasi Puisi by Pakdhe Joko dan Pengurus TC Gandekan
Catatan Kecil:
            Sebagai mantan kepala sekolah, aku tidak lagi terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hanya terkadang jika diperlukan aku masih mengajar, selebihnya aku lebih banyak bertugas mengkondisikan adik-adik yang berlarian dan enggan belajar.
            Ah, iya. Di akhir periode ini TC Gandekan kedatangan tamu spesial. Beliau adalah Mendikbud, Bapak Anies Baswedan.
Anies baswedan solo mengajar
Kunjungan Mendikbud, Bapak Anies Baswedan di TC Gandekan

VOLUNTEER 9

Kepala Sekolah: Rahmad Aditya Caesar
Status: On Going...haha

            Kurang lebih begitulah jejak langkah kami, Solo Mengajar di Taman Cerdas Gandekan selama 2 tahun ini. Semoga jejak-jejak langkah ini dapat menjadi pembelajaran bagi vols generasi selanjutnya dan menjadi catatan sejarah kami, Solo Mengajar. Dan untuk mengakhiri kilas balik ini, yuuk, jargon dulu...

TC GANDEKAN...CERIA, SEMANGAT, YESS!!
SM....TOP!!
           

NB: Jika sekiranya ada informasi yang kurang atau perlu dikoreksi silahkan ditulis langsung saja di kolom komentar. InsyaAllah akan aku benerin. Mohon kerjasamanya demi menjaga jejak langkah kita kawan :D